latest Post

Penjelasan Auliya Batik Tentang Perbedaan Kain Batik Tradisional dan Pabrik Untuk Batik Sekolah

Hai, ibu dan bapak kali ini kami coba menjabarkan tentang perbedaan kain batik produksi pabrik dengan kain batik produksi trandisional.

Dari salah satu case yang kami temui di beberapa sekolah yang melakukan order baju batik sekolah di Auliya Batik, ternyata sekolah tersebut salah dalam menentukan jenis kain batik yang digunakan untuk dibuatkan seragam. Mengapa demikian ? berikut coba kami jelaskan secara sederhana permasalahan yang timbul ketika hendak menjadikan batik produksi pabrik untuk pembuatan batik sekolah :

  1. Untuk jenis kain batik yang diproduksi oleh pabrik biasanya hanya dibuat untuk 1 kali produksi
  2. Artinya pabrik hanya memproduksi kain tersebut satu kali saja, setelah itu akan membuat cetakan yang baru lagi
  3. Pemilihan kain jenis ini biasanya disebabkan jumlah pemesanan seragam batik dibawah 2 lusin yang disebabkan keterbatasan biaya dalam pembuatannya.
  4. Hal tersebut berdampak untuk orderan selanjutnya, karena bisa saja motif kain tersebut tidak bisa diproduksi kembali. sehingga baju batik disekolah ibu/bapak kemungkinan tidak akan sama tergantung ketersediaan kain yang masih tersedia di toko kain ( bukan di pabrik )
  5. Sedikit Mahal, karena qty yang sedikit dan stok kain yang terbatas
Hal seperti ini biasanya disebabkan karena ketidaktahuan pihak sekolah mengenai proses pembuatan kain batik tersebut, sehingga pihak sekolah harus kebungungan mencari alternatif motif yang baru ketika ingin melakukan pembuatan baju batik. tenttu hal ini sangat merepotkan bagi pihak sekolah kedepannya, karena akan terjadi perbedaan motif.

Berbeda dengan batik yang dibuat secara manual/tradisional, untuk pembuatan batik tradisional menggunakan sebuah cetakan/screen batik yang dibuat terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pembuatan batik. Apa keuntungannya menggunakan batik trandisional/manual ? Berikut penjelasannya :
  1. Produksi dilakukan secara manual dengan bantuan manusia
  2. Pembuatan batik bisa dilakukan secara  berulang hingga cetakan rusak
  3. cetakan bisa bertahan hingga 3 s.d 5 tahun*
  4. Motif cetakan menjadi milik (hak paten) dari sekolah dan tidak akan kami perbanyak tanpa izin pihak sekolah
  5. Pembelian jenis ini biasanya untuk pembuatan diatas 1000 pcs. Tapi tidak perlu khawatir, Auliya Batik bersedia menerima jahitan 50pcs, yang penting konsumen senaaaaang.
  6. Untuk orderan selanjutnya, pihak sekolah tidak perlu kerepotan, karena pembatik tinggal memproduksi kembali.
  7. MUAAAAAH..!
Demikian penjelasan singkat dari kami tentang pemilihan sekolah untuk pembuatan seragam batik sekolah atau baju batik sekolah untuk SD, SMP dan SMA.

Hayoo pilih yang mana, bautan pabrik apa tradisional ^_^

Tentang Aulia Rahman

Aulia Rahman
Memilih caranya sendiri dalam memasarkan Batik, Salah satunya dengan menjadi penyedia Batik-batik Tradisional yang dikerjakan langsung oleh pengrajin Batik yang ahli dibidangnya.
Info Order : Telp/WA 085222348088 | BBM : 7D81B481
Lihat Juga × +