latest Post

Batik Encim Cantik Kombinasi dari Pekalongan

Sudah pada tahu belum jenis Batik Encim yang seperti apa dan sejarahnya ? Berikut coba kami jelaskan ya kak.
Pada masa lalu pada zaman pendudukan Belanda, wanita keturunan Tionghoa di Pekalongan sering menggunakan kebaya nah istilah kebaya ini lah yang sering merka sebut dengan sebutan "encim-encim"
Encim sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Hokian yang berarti cici, sebutan untuk kakak perempuan.

Desain Batik Encim identik dengan kumpulan bunga-bunga yang disusun dalam satu buket, yang merupkan budaya belanda dalam menyusun bunga. Maka muncul istilah "Buketan".

Untuk desain sendiri terbilang cukup sederhana, yaitu terdiri dari kumpulan bunga-bungan yang disusun dalam 1 kain. Bunga yang biasa digunakan seperti bunga soka, mawar, anyelir dan magnolia. Untuk memperindah ditambah beberapa kupu-kupu atau burung yang mengelilingi buketan tersebut.

Kebanyakan penikmat batik menyukai motif encim dikarenakan motifnya yang feminim, berwarna-warni dan kebanyakan diproduksi dengan teknik cap dengan kualitas yang sangat bagus.

Bahan yang biasa digunakan untuk jenis Batik Encim yaitu Katun Primisima sehingga menghasilkan hasil batik yang sangat halus dan terlihat eklusfi, biasanya banyak di minati oleh Wanita.




Batik Ecim ini dikombinasi dengan  Kain embos warna Hijau, tentunya masih banyak lagi motif dan variasi warna yang kami miliki. Sudah punya belum ? jika belum segera miliki Batik Encim ini ya.

Deskripsi :
Jenis Batik : Batik Encim 
Ukuran : 200 cm x 105 cm
Jenis Kain : Katun Primis
Harga : Rp 200.000,- ( Untuk 1 set )

Tentang Aulia Rahman

Aulia Rahman
Memilih caranya sendiri dalam memasarkan Batik, Salah satunya dengan menjadi penyedia Batik-batik Tradisional yang dikerjakan langsung oleh pengrajin Batik yang ahli dibidangnya.
Info Order : Telp/WA 085222348088 | BBM : 7D81B481
Lihat Juga × +